Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Wacana Pertanian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Setiap penulis wajib mmenggunakan Author Template yang telah disediakan.

Petunjuk penulisan dapat di download di sini.


Naskah

Naskah yang diterima redaksi berisi hasil penelitian bidang pertanian dalam arti luas yang mencakup budidaya tanaman, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tanaman, pengolahan hasil pertaian, dan sosial ekonomi pertanian yang belum pernah diterbitkan dan penulisannya mengikuti “Petunjuk bagi Penulis” ini. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Untuk memudahkan penelaahan oleh redaksi dan mitra bestari, naskah diketik dengan spasi multipel 1,2,  penulisan kalimat antar paragraf dengan spasi satu setengah (1,5) diketik rata kanan kiri dengan font Times New Roman 12. Naskah dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Wacana Pertanian dalam bentuk Microsoft Word melalui dengan alamat: Jl. Kenanga No. 3 Mulyojati 16C Kota Metro, Lampung atau lewat email: jwp.stiper@gmail.com

Format naskah

Naskah terdiri atas Judul (dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Nama Penulis, Instansi, Alamat Lengkap dan E-mail, Abstrak (dalam bahasa Inggris), Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan [dan Saran(optional)], Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan), dan Daftar Pustaka.

Judul

Judul menggambarkan isi pokok tulisan secara singkat dan jelas, informatif, usahakan tidak lebih dari 12 kata. Judul ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Penulisan Judul dalam Bahasa Indonesia dengan huruf kapital menggunakan Font Times New Roman ukuran 12 yang ditebalkan (bold). Penulisan judul dalam Bahasa Inggris dengan huruf capital di awal kata (capital each word) menggunakan Font Times New Roman ukuran 12.

Nama Penulis

Nama penulis ditulis tanpa gelar, disertai dengan nama instansi kerja (affiliasi) dan alamat lengkap termasuk telepon (HP) dan email.  penulisan nama menggunakan Font Times New Roman ukuran 12 yang ditebalkan (bold). Sedangkan penulisan Institusi, alamat lengkap, dan alamat email menggunakan Font Times New Roman ukuran 10.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris) tidak lebih dari 250 kata. Abstrak merupakan intisari dari seluruh tulisan yang meliputi masalah, tujuan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan penelitian. Di dalam abstrak, seperti halnya dalam teks pokok, setiap nama umum organisme atau nama dagang bahan kimia harus diikuti oleh nama ilmiahnya, minimal pada penyebutan yang pertama kali. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci, minimal tiga kata, disusun dari umum ke khusus.  Abstrak diketik rata kanan kiri menggunakan Font Times New Roman ukuran 12 yang dimiringkan (italic).

Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi latar belakang, kajian literatur yang digunakan sebagai dasar penelitian yang dilakukan, permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan dapat pula dituliskan tujuan penulisan artikel.  Paragraf pertama menjorok 1 cm, jarak antar baris dengan spasi multipel 1,2,  penulisan kalimat antar paragraf dengan spasi satu setengah (1,5) diketik rata kanan kiri dengan font times new roman 12.

Metode Penelitian

Metode penelitian berisikan penjelasan mengenai bahan-bahan dan alat-alat  yang digunakan, waktu, tempat, teknik dan rancangan percobaan. Dibuat dalam bentuk paragraf mengalir dan tidak dibuat numbering. Simbol-simbol statistik menggunakan simbol-simbol dan istilah standar misalnya t-test bukan t-hitung.  Paragraf pertama menjorok 1 cm, jarak antar baris dengan spasi multipel 1,2,  penulisan kalimat antar paragraf dengan spasi satu setengah (1,5) diketik rata kanan kiri dengan font times new roman 12.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan berisi hasil temuan penelitian dimana antara hasil dan pembahasan tidak dilakukan pemisahan. Harapannya dalam pembahasan ini penulis mengkaji hasil temuannya dan di rujuk silangkan dengan studi teoritik maupun studi empiric. yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substansial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dan sebagainya.  Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan. Penggunaan table sangat disarankan tidak terlalu panjang, dan jika memang perlu memasukkan table yang panjang tersebut maka dibuat dalam lampiran. Pembahasan gambar tentang grafik. Urutan pemuatan tabel atau gambar sesuai dengan sitasi pada naskah. Jumlah maksimal tabel dan gambar adalah 8 buah. Ilustrasi gambar yang berupa foto disertakan dalam format JPEG dengan resolusi minimum 100 dpi atau file berukuran minimum 50 kb per gambar. Ilustrasi gambar yang berupa grafik harus disertai dengan data mentah (Ms Excel). Paragraf pertama menjorok 1 cm, jarak antar baris dengan spasi multipel 1,2,  penulisan kalimat antar paragraf dengan spasi satu setengah (1,5) diketik rata kanan kiri dengan font times new roman 12. 

Kesimpulan [dan Saran (optional)]

Bagian ini berisi kesimpulan yang ditulis dalam satu atau dua paragraf. Kesimpulan ditulis dalam bentuk esai, tidak  dalam bentuk numerical. Kesimpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, tidak dijelaskan dalam kalimat statistic, tidak mengulang abstrak, dan kesimpulan bukan rangkuman hasil percobaan. Saran diberikan atas dasar hasil penelitian untuk menutupi kekurangan penelitian apabila dilanjutkan. Tidak memuat saran-saran  diluar untuk penelitian lanjut.

Ucapan Terimakasih (jika ada)

Penulis hendaknya memberikan apresiasi kepada pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian atau pihak lain yang berkontribusi dalam penelitian. Apresiasi diberikan dalam bentuk ucapan terima kasih.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu di dalam artikel. Gunakan pustaka terbaru (Paling lama 10 tahun terahir), rasio pustaka primer lebih dari 50%. Pengutipan sebaiknya menggunakan aplikasi pengutipan (references) seperti MENDELEY, ZOTERO, dll Rujukan ditulis menggunakan sistem Harvard yang berisi nama-tahun disusun menurut urutan abjad nama penulis. Cantumkan nama penulis maksimal 10 orang, apabila lebih, tulis nama 10 penulis pertama, selanjutnya et al. Penulisan sitasi dalam artikel dibedakan antara penulisan di awal dan di akhir kalimat berturut-turut sebagai berikut, jika penulis satu orang Jamaludin (2016) atau (Jamaludin, 2016); jika penulis dua orang Jamaludin dan Afriani (2016) atau (Jamaludin dan Afriani, 2016); jika penulis lebih dari dua orang Jamaludin et al. (2016) atau (Hidayat et al., 2016). 

Persamaan matematik

Persamaan matematik dikemukakan dengan jelas. Bila simbol matematik tidak terdapat pada komputer dapat ditulis secara jelas dengan pensil/pulpen. Jika perlu diberi keterangan dengan tulisan tangan (pensil tipis) untuk simbol yang bersangkutan. Angka desimal, ditandai dengan koma bila dalam bahasa Indonesia, atau titik bila dalam bahasa Inggris.

Tabel

Table dibuat dengan menghilangkan semua garis vertical (table terbuka).  Table berjudul singkat dan jelas, diikuti oleh keterangan tempat dan waktu pengambilan data. Antarkolom/anak kolom terpisah cukup jelas. Tanda ditto (“) tidak dipergunakan. Jumlah desimal sedapat mungkin dibuat sederhana. Catatan kaki tabel ditandai dengan huruf kecil superior (agak naik) untuk membedakan dengan tanda catatan kaki teks dengan angka.

Ilustrasi (grafik, diagram, dan gambar)

Diberi judul singkat, jelas, diikuti keterangan tempat dan waktu pengambilan data (bila mungkin), dan diletakkan di bawah ilustrasi yang bersangkutan. Simbol-simbol yang dimuat tidak terlalu banyak. Ilustrasi dibuat dengan jelas, kontras, rapi, bersih, dan dapat diperbaiki redaksi untuk keperluan penerbitan. File ilustrasi dapat disertakan terpisah dengan naskah untuk memudahkan perbaikan oleh redaksi.

Foto

Kontras, berkualitas tinggi, dan mampu menjelaskan substansi tanpa narasi, tidak hanya sekadar pelengkap. Foto diberi judul singkat, jelas, diikuti keterangan tempat dan waktu pengambilan (bila mungkin), dan diletakkan di bawah foto bersangkutan.File foto dapat disertakan terpisah dengan naskah untuk memudahkan proses penerbitan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

    1. The manuscript has not been published before, nor is it considered for publication in another journal (or an explanation has been provided in the Comments for Editor).

      Naskah tersebut belum dipublikasikan sebelumnya, juga bukan dipertimbangkan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).

    2. The script file is in the OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect format.

      File naskah adalah dalam format OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

    3. If available, a URL for reference has been provided.

      Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.

    4. Single-spaced text; use 12p fonts; use italics instead of underlining (except with the URL address); and all illustrations, numbers, and tables are placed in the text at the right points, not at the end.

      Teks satu spasi; menggunakan font 12p; menggunakan jenis miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, angka, dan tabel ditempatkan dalam teks pada titik-titik yang tepat, bukan di akhir.

    5. The text complies with the style and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which are found in About the Journal.

      Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi diuraikan dalam Pedoman Penulisan, yang ditemukan dalam Tentang Journal.

    6. If submitting to the peer-reviewed section of the journal, make sure the instructions for Ensuring a Blind Review have been followed.

      Jika mengirimkan ke bagian peer-review jurnal, pastikan petunjuk Ensuring a Blind Review telah diikuti.